Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Makhluk Lainnya


Dalam bagian ini disajikan berbagai makhluk mitologi yang tidak dikelompokkan pada salah satu kelompok sebelumnya. Bukan berarti bahwa makhluk mitologi yang ada disini tidak banyak dkenal, sebaliknya beberapa makhluk mitologi dalam bagian ini banyak yang terkenal dan juga difilmkan.

Tulisan ini juga sebagai tulisan penutup serial Makhluk Mitologi Sedunia, nantikan serial Mitologi berikutnya di blog ini ya.



Baphomet

Baphoment adalah satu dari makhluk yang dipuja kaum Qabalis yang mewakili setan. Makhluk ini berkepala kambing bertanduk atau dikenal dengan kambing ‘mendes’ lambang kuno untuk setan. Penampilannya melambangkan kekuatan-kekuatn hitam disatukan dengan kemampuan beranak-pinak seperti halnya kambing. Di dahi, di antara dua tanduk di bawah suluh, adalah lambang pentagram. Bagian bawah badannya diselubungi kain hitam yang melambangkan kerahasiaan. Baphomet digambarkan sebagai makhluk hermaprhrodit (setengah wanita dan setengah pria).


Barong

Barong adalah karakter dalam mitologi Bali. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa. Tarian tradisional di Bali yang menggambarkan pertempuran antara barong dan Rangda sangat terkenal dan sering diperlihatkan sebagai atraksi wisata. Barong singa adalah salah satu dari lima bentuk Barong.


Chrysaor

Dalam mitologi Yunani, Chrysaor (dalam bahasa Yunani berarti ‘senjata emas’) adalah saudara Pegasus. Chrysaor adalah anak Poseidon dan Medusa. Chrysaor digambarkan sebagai pemuda atau raksasa atau babi bersayap. Chrysaor muncul dari leher Medusa setelah Perseus memenggal kepala Medusa, sedangkan Pegasus lahir dari darah Medusa.


Cockatrice

Sangat mirip dengan Wyvern, Cockatrice adalah ayam raksasa. Mereka memiliki kekuatan magis untuk mengubah orang menjadi batu dengan bernapas pada mereka atau menyentuh mereka. Cockatrice mampu terbang dan memiliki dua gigi yang membawa racun di dalamnya. Ketika sesuatu telah berubah menjadi batu, racun akan kembali mengubah ke dalam bentuk aslinya, sehingga dapat dimakan.


Erymanthean Boar


Erymanthean Boar adalah babi hutan raksasa yang hidup di gunung Erymanthos, gunung yang dulu sangat sakral atau dikeramatkan. Julukan lainnya adalah ‘Giant Boar of Arcadia’. Babi ini seringkali merusak pertanian di Prophis, Arkadia. Hercules diharuskan menangkapnya hidup-hidup sebagai tugasnya yang ke-4.

    Hercules mengunjungi Cheiron terlebih dahulu untuk mendapatkan saran mengenai cara menangkap babi tersebut. Cheiron pun menyuruhnya untuk menggiring babi itu ke dalam salju tebal. Pada pertengahan musim dingin, Hercules melakukan ushanya dan berasil. Setelah menangkap babi tersebut, Hercules mengikat dan membawanya ke Euristheus.


Goblin

Goblin adalah sejenis makhluk supernatural yang muncul dalam dongeng-dongeng dan kisah-kisah fiksi fantasi. Mereka memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau, sehingga terkadang disebut Green Goblin.

    Dalam cerita rakyat Eropa, Goblin merupakan bagsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan telinga runcing. Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.

    Menurut versi lain dalam beberapa dongeng dan kisah fantasi, goblin merupakan makhluk yang buas dan ganas. Mereka tinggal di gua-gua yang gelap atau dibawah tanah. Ras mereka diidentikkan dengan makhluk jahat dan merupakan petarung yang brutal. Mereka dilukiskan sebaga makhluk berbadan tegap seperti manusia, berkulit hijau, telinganya lancip, dan berwajah sangar serta mengerikan. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia. Dalam kisah Spiderman, Goblin merupakan musuh yang tangguh.


Golem

Golem pertama kali muncul dalam legenda Yahudi berdasarkan bahwa manusia diciptakan dari tanah liat. Maka, penyihir-penyihir yahudi pun berlomba menciptakan manusia, Golem sendiri berarti batu, palsu, atau budak dalam bahasa Hebrew kasar.

    Bahkan ada cerita antara umat Yahudi, jika Sulaiman pun menciptakan Golem untuk membangun kerajaannya serta menjadi pelindung istana. Golem sendiri tidak semuanya berbentuk manusia. Golum berbentuk manusia, merupakan yang paling populer.

    Clay Golem merupakan generasi pertama dalam penciptaan Golem. Ketika para penyihir menyadari bahwa tanah liat kurang begitu efektif dan ciptaan mereka sama sekali jauh dari citra manusia, mereka putus asa. Di dalam keputusasaan tersebut, mereka merubah pola pikir dan menjadikan Golem pelindung. Selanjutnya, mereka pun membuat Golem yang lebih kuat dari batu karang. Meskipun golem ini kokoh, tetapi kelincahannya begitu memperhatikan. Gerakannya pun patah-patah. Namun, golem tetap saja menjadi favorit para penyihir-penyihir.

    Setelah datang era logam, para penyihir tertarik untuk bereksperimen menggunakan logam sebagai bahan dasar pembuatan Golem. Golem terakhir dinilai sempurna karena memiliki pertahanan yang cukup tinggi dan pergerakkannya cukup luwes. Namun, produksinya sedikit. Oleh karena bahan yang digunakan pada saat itu mahal.

    Dalam film Fantastic Four, salah satu tokoh pahlawan manusia batu yang bernama The Thing, pada dasarnya tergolong Golem.


Imp

Imp dapat dibilang sejennis dengan Fairy atau iblis. Imp digambarkan sebagai makhluk yang jahil dan kurang berbahaya. Makhluk ii mempunyai ciri, bertanduk kecil di atas kepala dan bersayap kelelawar. Imp digambarkan sebagai makhluk kesepian yang akan melakukan apapun untuk mendapatkan teman, termasuk berbuat baik.

    Nama Imp juga diberikan sebagai roh yang membantu penyihir di abad pertengahan. Biasanya imp disimpan dalam artifak (gemstone) dan dipanggil melalui sihir. Salah satu imp yang terknal adalah Imp yang dipakai oleh Alchemist Paracelus di dalam kristal di pedangnya.


Kala Rau


Kala Rau adalah setan dalam mitologi Bali. Setan ini hanya terbentuk dari sebuah kepala tanpa badan. Pada suatu ketika ia hendak minum air dari Tirta Amertah. Walaupun sesungguhnya air ini hanya diperuntukkan bagi para dewa—dewi. Dewi Ratih yang mengetahui hal itu memberitahukannya kepada Dewa Wisnu, yang kemudian melemparkan cakramnya an memenggal kepala setan itu. Namun, pada waktu itu kepala hingga bagian leher telah menyentuh Tirta Amertha, sehingga dapat hidup abadi. Kepala itu kemudian hendak membalas dendam kepada Dewi Ratih dan mengejarnya hingga khayangan. Dewi Ratih pun tertangkap dan menurut mitos ini terjadi lah gerhana bulan.

Rusa Kerineia

Dalam mitologi Yunani, Rusa Kerineia (Ceryneian Hind), juga disebut Kerintis. Ia adalah seekor rusa besar yang hidup di Keryneia, Yunani. Rusa ini adalah binatang keramat Dewi Artemis (dewi bulan).

    Rusa ini memiliki tanduk emas dan kuku dari kuningan atau tembaga serta telapak kaki dari perunggu. Rusa ini mampu berlari lebih cepat daripada anak panah. Hercules diperintahkan oleh Euristeus untuk mengejar rusa ini selama setahun.


Samael

Samael adalah salah seorang dari tujuh Archangel dalam mitologi yang tersebar di daerah Palestina. Samael diceritakan sebagi malaikat yang baik sekaligus jahat. Nama Samael berarti “Poison of God”. Terkadang Samael juga mendapat sebutan sebagai “Angel of Death”. Samael ke merupakan penguasa dari surga tingkat ke 5 dan mengepalai 2 juta malaikat lainnya. Samael tinggal di surga tingkat ke 7. Samael disebutkan sebagai figur yang berkelahi dengan Yakub. Selain itu juga sebagai figur yang menahan tangan Abraham waktu akan mengorbankan anaknya.

    Pada mitologi di daerah Palestina Kuno, sebelum eve (Hawa), Adam memiliki istri lain yaitu Lilith. Oleh karena perseteruannya dengan Adam, Lilith dibuang dari Taman Eden. Kemudian Lilith menjadi istri Samael dan melahirkan para pasukan setan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Samael adalah nama asli Lucifer sebelum dia jatuh ke bumi. Ular yang muncul di Taman Eden yang merupakan penjelmaan Samael. Oleh karena itu, selain digambarkan sebagai malaikat, dia juga seringkali digambarkan sebagai ular bersayap.


Spartoi

Dalam mitologi Yunani, Spartoi adalah prajurit yang muncul dari gigi naga yang ditaburkan ke tanah.

    Satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka adalah melempar batu ke tengah-tengah mereka. Orang yang pernah menghadapi para Spartoi adalah Kadmos dan Lason.


Tengu

Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Ia adalah penunggu gunung atau yokai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian Pendeta Yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung panjang, warna merah, sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang  sangat panjang. Tengu mampu terbang membuat orang kerasukan atau kesurupan. Penggambaran tersebut mengambil model hantu Temma dari agama Buddha.

    Model awal Tengu kemungkinan berubah pada paruh pertama zaman Muromachi. Dalam kumpulan cerita rakyat Otogizoshi terdapat cerita Tengu no Dairi(istana Tengu) yang tokoh utamanya bernama Kurama Tengu. Selain itu, Ushiwakamaru dikabarkan menerima pelajaran seni pedang dari tengu di kuil Kurama. Dalam hikayat Heike, Tengu digambarkan seperti manusia, tetapi tidak seperti manusia; burung, tetapi tidak seperti burung; anjing, tetapi tidak seperti anjing; tangan dan kakinya seperti tangan dan kaki manusia; wajah nya sepeti anjing, memiliki sayap dikanan kiri, dan mampu terbang.


The Nemean Lion

The Nemean lion (singa Nemea) adalah monster ganas dalam mitologi yunani. Singa Nemea adalah anak dari Thypon dan Echidna, saudara Theban Sphinx. Diceritakan bahwa singa Nemea adalah singa besar yang tinggal di daerah Nemea, Argolis. Kulitnya sangat kuat dan tidak dapat ditembus oleh senjata apapun.

    Tugas pertama Hercules adalah membunuh singa ini. Hercules mendatangi gua persembunyian singa Nemea dan bertarung dengan singa. Hercules berhasil membunuhnya dengan cara mencekiknya sampai mati karena ada tidak ada senjata yang dapat melukai singa Nemea tersebut. Setelah membunuhnya, Hercules menggunakan kulit singa itu sebagai jubah pelindung dalam petualangan-petualangan berikutnya. Sementara sang singa sendiri oleh Hera ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Leo.


Veo

Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals. Sekilas, makhluk ini mirip teringgiling, tetapi ukurannya sebesar kuda.


Wanara

Dalam mitologi Hindu, Wanara(Sansekerta: Vanara) berarti “manusia berekor monyet”. Istilah ini sangat terkenal untuk merujuk kepada ras manusia-kera dalam Wiracarita Ramayana yang memiliki sifat gagah berani dan selalu ingin tahu. Istilah Wanara merupakan kependekan dari ‘Wana-nara’ (manusia (nara) yang hidup di hutan (wana)).

    Wiracarita Mahabharata menggambarkan mereka seperti suku yang hidup di tengah-tengah hutan. Mereka dijumpai oleh Sadewa, seorang jenderal Pandawa yang memimpin kampanye militer ke India Selatan.

    Menurut Ramayana, para Wanara umumnya tinggal di Kiskenda yang dimasa skearang terletak di wilayah India Selatan, di tengah Hutan Dandaka, dimana Sri Rama menjumpai mereka saat berpetualang mencari Sita (Shinta). Para Wanara menolong Rama mencari Sita, dan juga turut bertarung melawan Rahwana, sang penculik Sita.

    Seperti yang digambarkan dalam wiracarita, ciri-ciri Wanara misalnya suka bersenang-senang, kekanak-kanan, ringan tangan, suka bercanda, hiperaktif, gemar berpetualan, jujur, polos, setia, berani, dan ramah. Mereka lebih pendek daripada tinggi manusia pada umumnya dan tubuh mereka ditutupi oleh tubuh yang cerah, umumnya berwarna yang cerah, umumnya berwarna cokelat.

Wanara yang terbesar dan terkenal adalah Hanoman, abdi setia Sri Rama, dan merupakan inkarnasi dari Dewa Siwa. Beberapa wanara terkenal lainnya adalah Anjani (ibu Hanoman), Sugriwa, Subali, Nila, dan Anggada.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)