Kamis, 15 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Makhluk Laut




Mitos mengenai makhluk-makhluk mitologi yang tinggal di laut sangat banyak. Wujud mereka umumnya berupa makhluk yang besar atau raksasa. Hal ini disebabkan karena luasnya laut sebagai habitat mereka. Kabarnya, mereka sering menyerang kapal laut.



Hydra

Hydra memang tidak tinggal di laut, tetapi ia tinggal di rawa. Namun, karena rawa bakau itu memiliki jalur ke laut, Hydra juga digolongkan sebagai sea serpent (ular naga laut). Hydra muncul di dalam legenda Yunani Kuno. Hydra adalah ular berkepala banyak yang bersenjatakan racun yang tidak dapat disembuhkan karena racunnya langsung melelehkan kulit. Makhluk yang tiap-tiap giginya mengandung racun mematikan ini tidak dapat mati.

    Dalam mitologi Yunani, Hydra adalah monster berkepala sembilan yang merupakan anak dari Tifon dan Ekhidna. Satu dari sembilan kepala Hydra adalah abadi, sedangkan delapan kepala lainnya akan menumbukan dua kepala baru jika dipotong. Hydra tinggal di rawa bersama seekor kepiting raksasa.

    Salah satu tugas Hercules adalah membunuh Hydra. Hercules menghadapi Hydra dengan bantuan keponakannya, Lolaus. Hercules memotong kepala Hydra, tetapi selalu tumbuh lagi. Dia lalu menyuruh Lolaus untuk membakar leher Hydra yang kepalanya telah terpotong. Dengan cara itu kepala Hydra tidak tumbuh lagi sehingga Hercules dapat mengalahkan Hydra. Hercules lalu mengubur kepala abadi hydra di bawah sebuah batu besar dan mencelupkan panahnya pada darah Hydra, sehingga panahnya menjadi senjata yang mematikan. Hydra sendiri kemudian ditempatkan di langit sebagai rasi bintang Hydra.


Jormungandr

Jormungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jormungadr adalah sea serpent putra loki, saudara angkat dari Thor, dewa petir Viking pembawa palu legendaris. Jormungandr sering mengganggu keamanan laut dengan menyerang kapal-kapal yang melintas. Jormungandr adalah salah satu jenis leviathan. Pada akhirnya, Jormungandr dikalahkan oleh Thor


Kharibdis

Dalam mitologi Yunani, Kharibdis adalah seekor monster laut anak Poseidon dan Gaia. Dia makhluk yang seluruh wajahnya adalah mulut dan memiliki sirip. Dia menelan sejumlah besar air untuk kemudian dimuntahkan kembali dan menimbulkan pusaran air. Menurut cerita lainnya, Kharibdis adalah pusaran air itu sendiri. Kharibdis sangat setia pada ayahnya dan sering membantu Poseidon.

    Pada awalnya, Kharibdis adalah seorang perempuan cantik, tetapi dia diubah menjadi monster oleh Zeus karena sering membuat badai di laut dan menenggelamkan daratan hingga menjadi lautan. Kharibdis berdiam di suatu tempat di dekat Skilla, Kapal yang melalui tempat Kharibdis akan dihancurkan oleh pusaran airnya.


Kraken

Makhluk mitologi Norwegia ini merupakan makhluk laut raksasa yang sering menenggelamkan kapal dengan tentakelnya. Menurut dunia modern, kemungkinan makhluk bertentakel itu adalah cumi-cumi atau gurita raksasa.


Leviathan

Leviathan adalah salah satu monster yang paling melegenda. Leviathan adalah salah satu tokoh di Talmud Yahudi (Perjanjian lama, Alkitab), seekor monster ganas yang mengarungi samudera. Leviathan dikatakan sebagai yang terbesar, ular naga laut (sea serpent) yang terbasar, dan terkuat. Menurut legenda Yahudi Kuno, Leviathan memakan satu ekor paus dalam sehari dan memiliki mata yang bercahaya di dalam kegelapan malam.

    Penguasa  hewan-hewan laut adalah Leviathan. Makanannya terdiri dari ikan-ikan yang mengorbankan diri ke rahangnya. Jika ia lapar, nafas panas disemburkan dari lubang hidungnya dan membuat air laut bergolak panas. Leviathan bukan hanya besar dan tangguh, sisiknya memancarkan cahaya yang terang, hingga matahari pun tertutupi. Walapun leviathan memiliki bau yang menjijikan, tetapi matanya memancarkan keanggunan sehingga lautan mendadak bercahaya.

    Leviathan mati setelah bertempur melawan makhluk yang bernama Behemoth. Pertempuran itu diakhiri dengan kematian keduanya. Bemoth mati akibat pukulan dari sirip Leviathan, sedangkan Leviathan terbunuh oleh sabetan ekor Behemoth.



Scylla

Menurut legenda Yunani, Scylla adalah makhluk yang memilki 6 kepala dan 12 kaki. Scylla dipercaya berasal dari seorang manusia yang diubah menjadi monster oleh Circe. Setelah diubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya untuk membalas dendam kepada setiap pelaut yang berlayar.

    Scylla awalnya adalah seorang perempuan yang dicintai oleh dewa laut ( Glaukos) , tetapi ia menolaknya. Glaukos lalu meminta pada penyihir Circe untuk membuat Scylla jatuh cinta padanya. Padahal Circe mencintai Glaukos dan cemburu pada Scylla. Alih-alih melaksanakan permintaan Glaukos, Circe malah berbuat jahat pada Scylla. Ketika Scylla sedang mandi. Circe menuangkan suatu ramuan pada tubuh Scylla. Akibat ramuan itu, dari tubuh Scylla bermunculan enam kepala anjing yang buas, dan kaki scylla berubah menjadi ekor ikan. Scylla berusaha lari, tetapi akhirnya dia menyadari bahwa semua itu merupakan bagian dari tubuhnya. Lama-kelamaan Scylla benar-benar berubah menjadi monster.


    Scylla tinggal di suatu tempat di dekat Kharibdis dan diantara mereka hanya ada suatu celah sempit sehingga jika pelalut yang melaluinya, pelaut tersebut harus memilih; dihancurkan oleh Kharibdis atau dimakan oleh Scyllla.

    Dalam kisah Odisseus, suatu ketika Odisseus harus melewati tempat di antara Scylla dan Kharibdis. Odisseus lalu memilih rute Scylla karena menurutnya lebih baik kehilangan beberapa awak kapalnya daripada kapalnya hancur. Odisseus akhirnya berhasil lolos dengan kehilangan  enam anak buah nya yang dimakan Scylla.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)