Kamis, 15 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Makhluk Berwujud Wanita








Cukup banyak makhluk mitologi yang berwujud seperti manusia dengan jenis kelamin wanita.

Aswang

Aswang (Asuwang) adalah makhluk mirip vampir dari mitologi Filipina. Penjajah dari Spanyol menyebutkan bahwa Aswang adalah makhluk yang paling ditakuti oleh rayat Filipiina. Mitos Aswang dikenal di seluruh wilayah Filipina, kecuali di daerah Ilocos. Mitos ini sangat populer di daerah-daerah Visaya barat seperti Capiz, Iloilo, dan Antique. Beberapa nama regional untuk Aswang adalah Tik-tik, wak-wak dan Soc-soc. Aswang kadang-kadang diceritakan sebagai monster dengan sayap yang mengepak keras.


Banshee

Banshee berasalah dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic Kuno dan “bawahan” Tuhan. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri.

    Banshee adalah wanita pembawa maut bagi manusia. Kadang-kadang Banshee terlihat sebagai seorang wanita tua berpakaian compang-camping, kadang-kadang sebagai seorang gadis muda dan cantik, serta terlihat seperti seorang wanita yang sedang mencuci pakaian dengan noda darah. Banshee juga digambarkan sebagai seorang wanita pucat berambut panjang dan tampak liar.

    Setiap kali dia terlihat, dia menangis dengan nada mengerikan, dan meneurut legenda, tangisannya akan membawa kematian kepada anggota keluarga yang mendengarnya. Raja James I dari Skotlandia berpikir dia didekati seorang Banshee. Tidak lama setelah itu, ia meninggal di Earl, Atholl.


Huldra
Dalam dongeng-dongeng dan cerita rakyat Skandinavia, Huldra atau Skogsra berati “gadis hutan”. Makhluk ini biasanya berjenis kelamin wanita. Wajah mereka sangat luar biasa cantiknya, tetapi jika dilihat dari belakan, punggungnya berlubang pohon yang sudah tua. Hal ini mirip dengan penggambaran Sundel Bolong di Indonesia.

    Menurut kepercayaan orang Norwegia, punggung mereka tidak berlubang, tetapi mereka punya ekor sapi. Sementara bagi orang Swedia, mereka mempunyai ekor sapi atau ekor rubah sebagai pembeda dari gadis normal. Huldra memancing lelaki supaya masuk ke hutan dan membunuh jika menolak keinginannya. Namun, Huldra di Norwegia tidak sperti itu. Mereka mungkin saja mencculik seseorang, tetapi segan untuk membunuhnya. Mereka kadang-kadang menculik bayi manusia dan menempatkannya di antara anak-anak mereka yang disebut Huldebarn. Huldra berjenis kelamin pria disebut Hultdu, atau Huldrekall ( sebutan di Norwegia).

    Di Norwegia, Huldra sering dilukiskan sebagai gadis desa yang istimewa, mengenakan pakaian petani, tetapi wajaahnya nampak lebih memikat dan bercahaya dibandingkan dengan gadis desa biasa. Kadanag-kadang huldra menikahi pria lokal. Namun segala kemewahan dan keindahan yang menyelimuti tubuhnya akan menghilang ketika pendeta memegang tangannya, atau jika memasuki gereja.

    Jika Huldra dikhianati, ia akan sakit hati dan menghukum siapapun yang menyakiti hatinya, seperti sebuah cerita dari Sigdal. Huldra akan menikah dan calon suaminya sudah bersumpah akan menikahinya, dengan syarat, pria itu tidak boleh menceritakan apapun tentang pengantinnya kepada orang lain. Namun, pria itu mengingkari janjinya. Huldra memukul telinga pria itu dengan ekornya lalu pria itu kehilangan pendengaran dan akal pikiran selama sisa hidupnya.


Lamashtu
Lamashtu adalah makhuk berwujud wanita jahat yang paling menakutkan dalam mitologi Mesopotamia. Makhluk ini digambarkan sebagai makhluk yang memiliki tingkah laku sebagai penghancur. Di dalam literatur-literatur klasik, Lamashtu merupakan satu dari sekian banyak makhluk hibrid yang berasal dari keturunan Lamia, putri Belos dan Ratu Libya. Ia gemar menculik anak-anak dan karena sifat inilah ian menjadi makhluk yang paling ditakuti. Di dalam tradisi Yunani, dikisahkan bahwa Zeus jatuh cinta kepada Lamia. Dan, kemudian merekapun mempunyai seorang anak.
    Hera, istri Zeus, kemudian mencuri anak dari hasil hubungan Lamia dengan Zeus. Akibat kejadian tersebut Lamia menjadi gila dan mencuri anak-anak lain yang dilihatnya. Di dalam Vulgata, yaitu Alkitab berbahasa Ibrani telah diterjemahkan ke bahasa Latin, Lamashtu disamakan  sebagai Lamia dalam wujud hantu malam. Di Mesopotamia, Kamashtu digambarkan memiliki ciri yang salama dengan Lilitu. Lilitu adalah makhluk jahat wanita yang dipercaya datanang pada malam hari untuk mencari seorang laki- laki untuk dijadikan korban.


Lilith

Lilith adalah iblis betina asal Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Orang-orang Ibrani menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Oleh karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolk persamaan ini dan Tuhan membuang Lilith jauh dari surga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

    Ada pula versi yang menyebutkan bahwa Lilith sejak semula memang bukan manusia. Tampat seperti manusia(wanita), tetapi bukan. Lilith adalah salah satu dari fallen angels yang mencoba mendekati Adam untuk mencemari keturunannya. Oleh karena itu, kemudian Eve (hawa) diciptakan sebagai penolong yang sepadan bagi adam. Lilith kemudian meninggalkan Adam untuk menjadi istri Lucifer dan melahirkan banyak iblis. Konon, Lilithlah yang menjelma menjadi ular untuk menipu Eve memakan buah dari pohon terlarang.


Manananggal


Manananggal adalah makhuk dalam cerita rakyat Filipina yang mirip Vampir. Mitos Manananggal populer di daerah Visayas, terutama di Provinsi Capiz Iloilo, dan Antique. Manananggal tidak menyukai garam dan bawang putih. Manananggal juga menhindari belati, cuka, cahaya, rempah-rempah, dan ekor ikan pari yang kadang-kadang dibuat menjadi cambuk.

    Manananggal digambarkan sebagai wanita tua yang cantik, dan dapat memisahkan tubuh bagian atasnya. Tubuh itu kemudian terbang pada malam hari dengan sayap mirip kelelawar untuk berburu perempuan hamil yang sedang di rumah. Manananggal menggunakan lidah panjangnya untuk menghisap jantung, janin, atau darah dari korban yang sedang tidur. Sementara tubuh bagian bawahnya dibiarkan berdiri dan merupakan titik lemahnya. Jika tubuh bagian bawah itu diberi garam atau bawang putih maka kedua bagian itu tidak akan dapat bergabung lagi, dan akhirnya mati saat fajar.

    Orang-orang di daerah Visaya biasanya menggantung bawang putih di dekat pintu atau jendela untuk berjaga-jaga dari serangan Manananggal.


Rangda

Rangda atau Rongdo berarti janda. Menurut sejarah, makhluk ini berasalah dari perubahn wujud ratu Calonarang, penguasa ilmu hitam di desa Girah. Ratu Calonarang adalah janda. Sehinggaa orang sering menyebutnya Rangda Nateng Girah atau Janda Penguasa Desa Girah. Boleh dibilang rangda adalah ratu para Leak.

    Rangda adalah penyihir jahat yang dikenal dengan sebutan Leak. ‘le’ artinya ‘penyihir’ dan ‘ak’ artinya ‘jahat’. Leak hanya dapat dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu Leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakan untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu mampu mengubah bentuk Leak menjadi seekor harimaa, kera, babi, atau menjadi seperti Rangda. Jika perlu ia juga mampu mengambil organ dari orang hidup.

    Diceritakan juga bahwa Leak digambarkan berupa kepala manusia dengan-organ yang masih menggantung di kepala tesebut. Leak dikatakan mampu terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah si bayi yang masih di kandungan. Ada tiga Leak yang terkenal. Dua diantaranya perempuan dan satu laki-laki.

    Menurut kepercayaan orang bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa leak mampu mengubah diri menjadi babi ataau bola api, sedangkan bentuk leak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakanbahwa sihir Leak hanya berfungsi di Pulau Bali, sehingga hanya ditemukan di Bali.

    Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya maka Leak tidak dapat beratu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu maka Leak akan mati.


Rusalka

Dalam mitologi Slavic, Rusalahka adalah hantu wanita yang berwujud seperti Water Nymph, succubus, Mermaid, atau siren. Menurut beberapa cerita rakyat, Rusalka adalah wanita setengah ikan yang tinggal di dasar sungai. Pada tengah malam, ia keluar dari sarang nya dan menari di padang rumput. Mereka memancing manusia terutama laki-laki untuk ikut ke dasar sungai dengan lagu dan tariannya yang memukau. Laki-laki yang tergoda oleh Rusalk akan mati dalam pelukannya. Cerita tentang Rusalka berkaitan dengan hantu Jerman (nix) dan hantu Irlandia (Banshee).

    Rusalka adalah roh dari anak perempuan yang meninggal sebelum dibabtis, atau dibunuh ibunya dengan cara ditenggelamkan. Mereka tidak akan menggangu jika manusia tidak mendekatinya. Roh anak tersebut akan gentayangan di sungai sekitar hutan, memohon dibabtis supaya mereka tenang di alam baka.
    Pada malam hari Rusalka keluar dari air, memanjat pohon, menyanyikan lagu, dan menyisir rambutnya atau bergabung dengan Rusalka lain untuk menari di padang rumput.

    Menurut cerita mitologi, mata Rusalka menyala seperti api berwarna hijau, rambutnya berwarna  kehijauan, dan selalu basah. Menurut beberapa legenda, jika rambut Rusalka kering maka ia akan mati.

    Versi Rusalka di beberapa negara antara lain sebagai berikut.

Ukraina. Rusalka selalu hidup di air.
Belorus. Dia berada di ladang yang suubur dan berwujud wanita cantik yang tidak berpakaian
Di Eropa utara. Digambarkan dengan sosok wanita yang sangat jelek yang tubuhnya tertutupi rambut.


Soucaouyant


Soucouyant atau Loogaroo adalah makhluk mitologi Karibia yang mirip dengan Vampir. Loogaroo adalah perempuan tua yang bersekutu dengan iblis. Dia memiliki kekuatan gaib dengan syarat setiap malam harus memberi persembahan darah pada iblis. Jika syarat itu tidak terpenuhi mak sang ibllis akan mengambil dara dari perempan itu sampai mati.

    Loogaroo mampu menanggalkan kulitnya, biasanya dilakukan di bawah “pohon”, yaitu pohon kapas sutra dan berubah menjadi nyala api atau bola cahaya biru, kaku bergentayangan sepanjang malam untuk mencari darah. Setelah mengumpulkan cukup banyak darah, dia akan kembali memakai kulitnya dan berubah menjadi manusia.

    Jika melihat biji-bijian yang tercecer, Longaroo akan berhenti dan menghitung semuanya. Oleh karena itu, gundukan pasir atau biji sering disimpan di depan pintu untuk berjaga – jaga dari serangan Longaroo, setidaknya sampai pagi hari. Dalam beberapa cerita, kulit Longaroo yang disimpan di pohon iblis juga dapat diambil oleh orang lain supaya Longaroo tidak dapat menemukan kulitnya.


Succubus

Dalam legenda abad pertengahan di Barat, Succubus (plural Succubi) atau Succuba (plural Succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) daam mimpi. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan sampai titik kelelahan atau kematian korban, Succubus sering dikaitkan dan bahkan disamakan dengan Lilith.

    Dalam bebrapa kepercayaan, Succubus mampu berubah menjadi bernama Incubus. Malah terkadang Succubus dianggap sebagai penyebab mimpi buruk.

    Penampilan fisik biasanya digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, sayap mirip kelelawar, dan ciri spesifik yaitu tanduk, ekor, serta taring. Biasanya para succubus mendatangi pria melalui mimpi dan bahkan ingatan, sehingga membuat si pria jadi ling-lung.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)