Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Makhluk Pencabut Nyawa




Makhluk pencabut nyawa berbeda dengan makhluk pengisap darah. Jika makhluk penghisap darah dapat memunculkan atau menciptakan penghisap darah baru seperti Vampir, sedangkan makhluk pencabut nyawa tidak membuat seseorang menjadi pencabut nyawa lainnya.

Ahutzotl

Makhluk ini merupakan monster dalam legenda Amerika Tengah. Wajahnya seperti manusia kera dengan tangan panjang hingga ke keornya. Ia adalah makhluk yang sangat menakutkan karena memiliki mata yang seram, kuku, dan gigi yang tajam. Ia juga pemangsa daging manusia. Sebagai makhluk air, dengan tangan dan ekornya ia mampu menyergap nelayan atau orang-orang yang sedang berada di tepian. Kadang-kadang ia menangis untuk menarik perhatian, dan ketika orang datang menghampirinya, ia menyergap dengan cepat dan memangsanya.


Buto Ijo

Buto Ijp adalah makhluk seperti jin berwarna hijau dan bertubuh besar dengan taring yang tajam. Ia suka sekali menculik anak-anak balita untuk dijadikan tumbal, mainan atau dijadkan budak untuk memijati sang Buto Ijo, atau kemudian dimakan setelah bosan dijadikan mainan. Konon untuk menangkal datangnya Buto Ijo adalah membuat batu kuning yang dibuat seperti kalung.


Dullahan

Dullahan merupakan monster legenda Celtic, tidak berkepala yang mengedarai kuda hitam sambil membawa kepala di tangannya. Mata pada wajah yang dibawanya dikerubungi lalat dan senyum manis di wajahnya diikat hampir menjapai telinga.

    Ketika Dullahan berhenti di hadapan korbannya dia meneriakkan namanya dan secara perlahan-lahan menghilang sambil mengisap roh korbannya. Jika seseorang melihat kejadian ini maka dia akan memecut atau melemparkan darah kepada orang tersebut, dan berarti orang tersebut adalah selanjutnya. Selain itu, tatapan mata Dullahan mampu membuat korbannya luimpuh dan tidak berdaya.

    Ada cara untuk mengusir Dullahan, yaitu menggunakan emas. Dullahan takut terhadap emas, bahkan sebuah pin emas cukup untuk membuat dullahan lari.


Ghoul

Ghoul adalah monster dari Arab Kuno. Pada awalnya Ghoul dianggap sebagai jin, tetapi seiring dengan berlalunya waktu, Ghoul lebis sering digambarkan sebagai sejenis zombie atau vampir. Ghoul adalah makhluk yang tinggal di padang gurun dan memangsa pengelana. Selain itu, ghoul juga sering merusak makam dan memangsa mayat.


Ker

Ker atau Keres adalah dewi kematian dalam mitologi Yunani. Para ker adalah putri dari Niks dan bersaudara engan Moirai (dewi takdir ), Moros (dewa ajal), Thanatos (dewa kematian), Hipnos (dewa tidur), Eris( dewi perselisihan),Geras (dewa penuaan), Nemesis (dewi pembalasan) dan Kharon. Kikero menyebut mereka sebagai anak-anak dari Erebos dan Niks. Para Ker adalah dewi pembawa kematian yang kejam, termasuk kematian dalam pertempuran, kecelakaan, pembunuhan atau penyakit, kebalikan dari thanatos yang memberi kematian yang damai. Para Ker digambarkan sebagai makhluk gelap dengan cakar dan gigi “bergemeretak” dan haus darah.

    Para Ker adalah makhluk yang haus darah dan secara kejam merobek jiwa dari tubuh yang sekarat, lalu mengirimnya ke dunia bawah. Ribuan Ker beterbangan diatas area pertempuran, dan jika ada manusia yang mati maka para Ker akan saling berebut seperti burung pemakan bangkai. Para ker sebenarnya tidak berkuasa atas hidup dan mati manusia, sikap haus darah mereka menjadikan para Ker berusaha membuat orang-orang mati. Zeus dan dewa-dewa lainnya mampu menghentikan atau mempercepat para Ker. Para dewa Olimpus sering berdiri di dekat pasukan yang mereka dukung untuk mencegah datangnya para Ker pada pasukan mereka. Para Ker juga menghantui daerah yang terkena wabah untuk mencari orang yang mati lalu mengambil jiwanya.

Kemungkinan ada hubungan atara Ker dan Valkyrie dari mitologi Nordik. Keduanya adalah dewa yang terbang di atas medan pertempuran dan memilih orang-orang yang akan dibunuh. Perbedaannya adalah bahwa Valkyrie adalah dewa yang baik hati dibandingkan dengan Ker yang haus darah. Mungkin karena dua kebudayaaan tersebut memiliki pandangan yang berbeda terhadap perang. Selain itu, ‘Ker‘ dalam bahasa Yunani yang berarti ‘pilihan’ mungkin memiliki kata yang sama dengan ‘kyrja’ ( asal kata ‘valkyrie’) yang berarti’memilih’.


Kikimora


Kikimora adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Kikimora termasuk dalam makhluk penghuni rumah dan menikah dengan domovoi. Kikimora biasanya tinggal di balik kompor atau di gudang bawah tanah.

    Jika para pekerja yang membangun rumah merasa tidak senang pada pemilik ruimah maka mereka dapat mengundang Kikimora untuk menghantui rumah itu dengan cara menaruh sebuah boneka mirip kikimora di balok utama atau di bawah sudut depan rumah. Sekali menghuni suatu rumah, Kikimora sulit untuk disingkirkan.

    Jika rumah dirawat dengan baik maka Kikimora akan ikut menjaganya. Namun, jika tidak, Kikimora akan memecahkan piring dan membuat keributan di malam hari. Kikimora juga keluar malam hari untuk menenun. Barang siapa yang melihat Kikimora sedang menenun maka dia akan segera mati. Untuk menentramkan Kikimora, seseorang harus mencuci semua panci dan wajan dengan teh pakis. Batu ular atau ranting junifer digantung di atas kandang ayam untuk melindungi ayam dari Kikimora.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)