Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Mayat Hidup


Zombie

Zombie atau zombi adalah sebutan untuk mayat hidup dalam kepercayaan Vooodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supernatural atau perdukunan dan dipekerjakan sebagai budak yang mengabdi pada “majikan zombie” di perkebunan terpencil.

    Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor  dapat menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombie tidak memilkiki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. “Zombi” juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asala Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata ‘nzambi’ yang dalam bahasa Kongo berarti ‘dewa’.

    Di tahun 1937, peneliti Zora Neale Hurston yang melakukan riset folklor di Haiti menemukan kasus Felicia Felix-Mentor yang meninggal di usia 29 tahun dan sudah dikubur di tahun 1907. Penduduk desa percaya bahwa sering melihat Felicia yang sudah meninggal 30 tahun yang lalu  dn masih suka berkeliaran di jalan-jalan.

    Zora Hurston berusaha mencari kebenaran kabar burung yang mengatakan Zombie adalah manusia telah diberi ramuan obat-obatan tetapi tidak berhasil menemukan orang yang mau membuka tentang rahasia Zombie.

    Bebearapa puluh taun kemudian, seorang ahli Etno botani Kanada bernama Wade Davis mengangkat kasus Zombie dari sudut pandang farmakologi, dlaam dua buku berjudul The Serpent and The Raainbow (1985) dan Passage of Darkness: The Ethnobiology of The Haitian Zombie (1988). Menurut hasil penelitian Wade Davis sewaktu berada di Haiti tahun 1982, ramuan dua jenis bubuk obat yang dimasukkan ke dalam aliran darah(biasanya lewat luka terbuka) mampu mengubah orang hidup menjadi zombie.

    Bubuk obat pertama disebut coup de pudre (bahasa Perancis untuk “obat penyerang”) yang membuat manusia dalam keadaan “seperti mati” akibat dosis tetrodotksin. Tetrodoksin merupakan racun mematikan yang juga dikandung ikan buntal dan ikan fugu yang merupakan makanan lumrah di Jepang. Manusia yang diberi tetrodoksin dalam dosis nyaris mematikan, dapat berada dalam keadaan hampir mati untuk beberapa hari, tetapi terus dalam keadaan sadar. Ramuan bubuk obat kedua dari tanaman dari genus Datura yang bersifat halusinogen dan membuat orang menjadi tidak meiliki kemauuan sendiri. Wade Davis juga mengetengahkan kisah orang haiti bernama Claivrvius Narcisse yang mengaku pernah dijadikan zombie. Teori Wade Davis sering ditanggapi orang secara sskeptis dan kebenaran ceritanya sering menjadi sumber perdebatan. Kepercayaan voodoo masih penuh kerahasiaan yang sulit ditembus peneliti asin, walaupun sebagian orang Haiti mengakui tentang keberadaan “obat zombie”

    Cukup banyak film yang telah menceritakan mengenai Zombie, mulai dari House of The Death, Resident Evil, dan I’m Legend.


Vrykolakas
Vrykolakas adalah mayat hidup yang berbahaya dalam cerita rakyat Yunani. Vrykolakas memiliki banyak kesamaan dengan beberapa makhluk mitologi lainnya, tetapi paling sering disamakan dengan Vampir dari cerita rakyat negara-negara Slavia. Meskipun keduanya sangat mirip, Vrykolakas jarang dihubungkan dengan kegiatan minum darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)