Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Monster




Monster adalah makhluk yang bentuk atau rupanya sangat menyimpang dari yang biasa atau makhluk yang berukuran sangat besar. Dalam kebanyakan cerita, monster digambarkan sebagai makhluk yang jahat. Kata ‘monster’ berasal dari bahasa latin ‘monstrum’, yaitu suatu kejadian yang menyimpang, biasanya biologis, sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam tatanan alam.

    Dalam bagian ini terdapat berbagai makhluk mitologi yang tergolong monster. Walaupun sebenarnya banyak makhluk mitologi lainnya yang juga dapat digolongkan sebagai monster. Hanya saja mereka telah memiliki pengelompokan tersendiri. Jadi, boleh dibilang di bagian ini adalah makhluk mitologi yang tidak dapat dikelompokkan.

Aitvaras

Monster dari Lithuania ini adalah makhluk yang dapat berubah-ubah wujud, yaitu menjadi ayam jago ketika di dalam rumah dan menjadi naga ketika di luar rumah. Jika ia menginap di rumah seseorang, ia tidak akan mau disuruh pergi. Ia adalah pembawa keberuntungan sekaligus kesialan bagi penghuni rumah yang ditempatinya.


Ajatar

Monster yang mirip naga ini berasal dari legenda Finnish, Swedia. Monster ini adalah penjelmaan dari iblis. Ia adalah pemakan ular, sehingga menyebabkan berkembangnya wabah sampar di Eropa. Banyak yang beranggapan dia berhubungan erat dengan Aitvaras dan Lithuania.


Behemoth

Leviathan menjadi wakil dari para ikan dan Ziz menjadi wakil dari para unggas maka behemoth adalah wakil dari mamalia.  Behemoth memiliki kekuatan yang setara dengan Leviathan, sehingga harus dicegah untuk berkembang biak, atau dunia akan musnah. Setelah  Tuhan menciptakan jantan dan betina, Ia mencabut keinginan untuk berkembang biak.

    Behemoth berukuran luar biasa besar hingga ia memerlukan hasil bumi dari ribuan gunung untuk makanan sehari-harinya. Seluruh air yang mengalir pada badan sungai Yordan selama setahun dapat dihabiskan sekali minum. Oleh karena itu, diperlukan satu aliran air khusus, yaitu sebuah aliran air yang mengalir dari surga bernama Yubal.


Chimaira

Chimaira adalah makhluk legendaris Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan, yaitu ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa. Namun, beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Chimaira mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Kadang-kadang Chimaira menjadi lambang kekuatan setan.

    Menurut legenda, Chimaira merupakan putri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Kerberos dan Hydra dari Danau Lernai.

    Chimaira berhasil dikalahkan oleh Bellerofon sambil menunggangi Pegasus, atas perintah Raja Lobates dari Likia. Ia mengalahkan chimaira dengan lembingnya.


Gargoyle

Gargoyle adalah ukiran patung monster yang biasanya berada di luar bangunan batu. Mereka digunakan untuk dua keperluan, satu untuk menakuti dan mengusir hal-hal jahat di sekitar bangunan dan yang kedua sebagai penyalur air dari atap gedung ke jalan. Gargoyle yang tidak digunakan untuk mengalirkan air disebut Grotesque. Gargoyle berasal dari perancis, istilah ‘gargoyle’, kebih banyak digunakan dalam pekerjaan abad pertengahan. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa menganggapnya sekedar penyalur air yang menarik. Di Mesir, Gargoyle digunakan untuk pembuangan air dari tempat membersihkan bejana suci di kuil.


Ogre

Ogre biasanya digambarkan sebagai raksasa, jahat, dan seperti monster. Kita biasanya menemui cerita tentang ogre di dongeng dan cerita rakyat. Dalam dunia seni, Ogre digambarkan dengan kepala yang besar, berambut dan berjenggot panjang, rakus, serta mempunyai badan yang kuat. Dan dalam ceritanya juga mereka sering mengganggu manusia.


Orc


Orc adalah makhluk legendaris yang muncul dalam cerita-cerita rakyat dan kisah-kisah fiksi fantasi sebegai makhluk buas dengan postur tubuh menyerupa manusia. Kadang-kadang seperti raksasa, kulitnya biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang, sifatnya garang dan buas. Dalam kisah fantasi The Lord of The Ring, Orc merupakan salah satu ras yang menghuni “bumi tengah”. Orc diidentikkan sebagai ras yang ganas dan jahat. Orc merupakan musuh dari para Elf dan manusia. Mereka senang makan daging dan kadang-kadang menjadi bangsa kanibal. Di dalam cerita The Lord of The Ring juga dikatakan bawasannya Orc dulu berasal dari bangsa Elf atau peri. Namun karena mereka selalu ditamami oleh sifat benci, iri, dengki, sombong, dan lain-lain yang  jelek. Oleh karena itu, Elf dapat berubah menjadi Orc yang buruk rupa.

    Kata ’orc’ atau ‘ork’ dihubungkan dengan setan, iblis, ogre, ras yang jahat, atau monster. Setan-setan atau iblis sering disamakan dengan Orc. Dalam cerita-cerita, film, dan games, Orc biasanya dilukiskan berkulit hijau dan memiliki dua taring panjang. Ukuran tubuh Orc lebih besar ataupun seukuran dengan manusia.


Troll


Troll berasal dari legenda Scandinavia yang menyebutkan bahwa Troll adalah roh yang hidup dalam gua di dalam pegunungan. Saat malam tiba, mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak-anak. Ada dua macam Troll, yang berukuran raksasa dan yang berukuran kecil.

    Karakter Troll mirip dengan Ogre dalam cerita rakyat Inggris. Dalam kisah-kisah fiksi fantasi atau games, karakter Troll sering “dipinjam” sebagai karakter pndukung. Dalam kisah The Lord of The Rings, Troll digunakan sebagai tenaga pengangkut beban yan berat atau sebagai pasukan penghancur dari Kerajaan Mordor. Bersama para Orc, Troll menyerbu Kerajaan Gondor. Dalam kisah Harry Potter, Troll sebagai makhluk raksasa yang dikurung di bawah tanah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)