Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Naga




Umumnya orang Indonesia mengenal dengan sebutan naga. Namun, naga sendiri sebenarnya adalah makhluk mitologi yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan yang dipengaruhi agama Hindu dan Buddha, kemungkinan berasal dari darah India dan sekitarnya. Naga adalah makhluk setengah ular. Setengah manusia. Terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Pejantannya disebut naga, sedangan betinanya disebut Nagini.

    Naga sering dianggap wakil atas sifat jahat, tetapi tidak jarang ju dianggap penjaga sungai atau danau. Selain itu, dalam berbagai mitologi naga merupakan makhluk buas yang dipercayai menjaga tempat penting di zaman dahulu, seperti penjaga harta karun. Pada zaman dahulu para kesatria yang mampu membunuh naga dianggap sebagai pahlawan yang luar biasa. Oleh karena itu, banyak kesatria bertarung dengan naga untuk mencari ketenaran. Naga juga disebut sebagai dewa oleh beberapa suku. Naga dipercaya dapat ditaklukkan lewat musik.

    Dalam tradisi Hindu India, istilah naga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta atau India Kuno yang bermakna “ular”. Dalam naskah Mahabharata dikisahkan bahwa para Naga merupakan anak-anak Resi Kasyapa dari perkawinannya dengan Dewi Kadru. Nama-nama mereka yang terknal antara lain Sesa, Taksasa, Basuki, Kartotaka, Korawya, dan Dritarastra. Bangsa naga yang berjumlah ribuan memiliki dua orang sepupu berwujud burung dan disebut sebagai bangsa Kaga. Keduanya bernama Aruna dan Garuda, yang merupakan putra dari Dewa Winata yang dinikahi Resi Kasyapa. Dengan demikian, hubungan antara naga dengan Kaga selain sebagai sepupu juga  saudara tiri. Meskipun demikian, hubungan mereka kurang baik dan sering terlibat perselisihan. Diantara  para naga ada juga yang menjadi dewa, yaitu Sesa. Di antara pura Naga, Sesa memisahkan diri dari adik-adiknya dn hidup bertapa menyucikan diri hingga diangkat sebagai dewa pra ular, bergelar Ananta.

    Dalam tradisi China juga terdapat makhluk bernama Liong atau Lung yang umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indnesia dengan istilah naga. Dalam mitologi China, naga dianggap makhluk suci, tidak dikategorikan sebagai hewan ataupun monster. Naga disini diyakini sebagi pembawa berkah, sangat kuat dan dihormati, bertolak belakang dengan versi barat. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan cakar, sehingga berbeda dengan naga versi India.

    Naga versi China dianggap sebagai simbol kekuatan alam, khususnya angin topan. Ppada umumnya,makhluk ini dianggap memiliki sifat baik selama i dihormati. Naga dianggap sebagai penjelmaan roh orang suci yang belum dapat masuk surga. Biasanya, roh orang suci menjelma dalam bentuk naga kecil dan menyusup ke dalam bumi untuk menjalani tidur dalam waktu lama. Setelah tubuhnya membesar, ia bangun dan terbang menuju surga.

    Sebbagian ilmuwan berpendapat, naga China merupakan makhluk khayalan yang diciptakan oleh masyarakat zaman dahulu akhibat penemuan fosil dinosaurus. Di Jepang, makhluk ini dikenal dengan istilah ‘Ryuu’.

    Mitos dan dongeng rakyat tentangnaga juga telah tumbuh di dunia Barat sejak berabad-abad silam. Naga di dunia Barat digambarkan sebagai kadal besar dengan dua tangan dan dua kaki, memiliki sayap besar, memiliki kemampuan untuk menyemburkan lidah-lidah api, serta tinggal di gua bawah tanah. Naga seperti ini terlihat dalam film Harry Potter and The Gobletof Fire.

    Dari berbagai mitologi mengenai naga, kesamannya adalah naga dapat menghembuskan api, tetapi timemiliki bentuk badan badan yang erbeda. Oleh karena itu, terdapat cukup banyak jenis naga.


Amphipteres

Ular yang mirip naga ini bertubuh kecil, kulitnya kasar, matanya besar, bertaring, bersayap dan memiliki dua lidah.


Bunyip

Bunyip adalah spesies naga dari Australia. Sekilas, bentuknya hampir mirip dengan singa laut. Bunyip betina lebih agresif dan pemarah dibanding Bunyip jantan. Mereka mencari mangsa pada malam hari di sekitar habitatnya, yaitu rawa-rawa.


Bakunawa

Bakunawa adalah naga yang berasal dari Filipina. Bakunawa ditakuti oleh rakyat Filipina karena ia dapat memakan bulan sehingga menjadi gerhana bulan. Rakyat mengusir Bakunawa dengan memukul-mukul wajan atau panci saat malam, agar Bakunawa tidak kembali dan memakan bulan.


Chinese Dragon

Naga china adalah makhluk mitologi atau legenda China yang muncul dalam budaya asia lainnya, dan kadang-kadang disebut juga naga Timur. Naga China digambarkan sebagai makhluk panjang seperti ular dengan empat cakar, kepala mirip kepala unta dengan dua buah tanduk, matanya seperti mata iblis, telinganya seperti telinga sapi, tubuhnya seperti ular, perutnya seperti kerang, kakinya seperti kaki harimau, bercakar elang, dan tubuhnya dipenuhi sisik seperti ikan. Makhluk ini telah lama menjadi simbol potensial kekuasaan, kebalikan dan seni dalam cerita rakyat China.


Dragonests

Dragonets adalah versi mini naga asal Eropa. Walaupun kecil, makhluk ini sangat mematikan dan sulit ditangkap karena kecepatannya.


European Dragon

Ini adalah spesies naga yang terkenal setelah naga Asia, tubuhnya dilapisi kulit yang sangat keras, kecuai di bagian perut, dan warnanya bermacam-macam. Naga Eropa mempunyai sepasan sayap yang mirip kelelawar, dua buah kaki, dan ekor yang sangat kuat, bebearapa diantaranya digambarkan memiliki tanduk. Senjatanya yang paling ampuh adalah nafas api atau es.


India Dragon

Indian Dragon adalah mitologi bagi budaya yang dipengaruhi agama Hindu. Makhluk ini sering digambarkan sebagai kobra dan memiliki beberapa kepala. Mereka biasanya tidak memiliki lengan atau kaki, tetapi ada juga yang punya.


Lindorm

Makhluk ini mirip dengan Wyrm, memiliki dua lengan. Konon, Lindorm pertama kali ditemukan oleh Marcopolo, dan ia pun berkata “swifter than it loks”.


Neak

Neak adalah naga mitologi Kamboja yang memiliki tiga kepala. Naga ini sangat kuat karena jumlah kepalanya yang banyak. Naga ini memiliki kemiripan dengan naga India, sepeti badan yang mirip ular kobra.


Long

Long sebenarnya adalah nama naga dari China, dan juga digunakan sebagai nama naga Vietnam. Bakhkan naga dari Vietnam ini sama dengan naga dari China (yang juga bernama Long). Lekukan badan naga ini berjumlah 12 lekukan, artinya ada 12 bulan dalam setahun. Mereka mampu mengubah cuaca dan menyuburkan tanaman.


Quatzalcoatls dan Paisas

Bentuknya mhampir mirip dengan Wyvern, hanya saja memiliki empat buat kaki dan tubuhnya dipenuhi bulu. Naga penghuni benua Amerika ini tidak pernah terbang melampaui benua tersebut.


Ryu/ Seiryuu

Seiryuu adalah naga yang berasa dari Jepang. Naga ini dikenal rakyat Jepang sebagai empat makhluk penjaga mata angin. Naga yang berwarna biru kehijau-hijauan ini tinggal di danau dan baik sifatnya.


Sea Serpents


Makhluk yang terkenal dengan nafasnya yang beracun ini hidup di lautan, tetapi kadangkala muncul ke daratan untuk mencari mangsa, seperti manusia atu hewan darat lainnya. Naga ini bertubuh lebih besar dari naga lainnya dan sering menenggelamkan kapal di lautan.


Winged Serpents


Seperti namanya, makhluk ini berbentuk seperti ular yang bersayap. Sayapnya transparan, beberapa lainnya ditumbuhi oleh bulu, air kencing sangat beracun, dan mampu membusukkan kulit manusia dalam sekejap


Wyrm

Bentuknya mirip ular, tanpa kaki, dan tubuhnya sangat panjang. Habitatnya di sekitar perairan, seperti sungai, rawa, dan sumur. Sifatnya sangat temperamental dan berusaha menghindar dari manusia dalam kondisi apapun. Tubuhnya dipenuhi sisik dan terdapat dua taring besar beracun yang digunakan untuk membunuh mangsanya.

    Makhluk ini sangat menyukai susu. Oleh karena itu, keganasan makhluk ini dapat diredam dengan memberinya susu.


Wyvern


Sejenis dengan naga Eropa yang digambarkaan memiliki dua lengan sangat berbeda dengan ekornya, dan mampu menyemburkan api.


Yong, Imoogi, & Gyo

Yong, Gyo, dan Imoogi merupakan tiga naga yang berasal dari Korea. Yong adalah naga langit yang dikenal dengan nama Mireu, Gyo adalah naga gunung, dan Imoogi adalah naga laut.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)