Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Nymph


Nymph jika diartikan berarti peri atau bidadari. Istilah ‘nymph’ banyak digunakan pada mitologi Yunani. Nymph juga dipanggil dengan sebutan ‘nimfa’ dalam bahasa Indonesia. Namun, istilah peri akan dibahas pada bagian tersendiri dalam bab ini.

    Dalam mitologi Yunani, Nymph adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris bewujud wanita. Mereka tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Nymph adalah makhluk yang diidentikkan dengan peri atau bidadari yang tinggal di alam bebas. Dalam mitologi Indonesia, bidadari berasal dari khayangan atau surga.

    Nymph merupakan personifikasi dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat tinggal mereka. Oleh karena itu, jenis Nymph dibedakan berdasarkan habitatnya. Nymph gunung disebut Oread, Nymph sungai dan danau disebut Nalad, Nymph pohon disebut Driad, Hamadriad, Alseid dan Melial, sedangkan Nymph laut adalah Nereid. Ada juga yang disebut Ash Tree Nymph, yang berarti peri pohon. Peri ini merupakan keturunan dari Uranus.

    Nymph merupakan pembantu atau pendamping para dewi. Dewi Artemis (dewa Yunani) adalah dewi yang mempunya banyak Nymph. Para Nymph itu menyertainya dalam berburu. Sebagian besar Nymph hanya memiliki satu “orang tua” dewa, hanya sedikit Nymph yang kedua orang tuanya adalah dewa. Nymph adalah makhluk yang cantik sehingga sering dicintai oleh para dewa dan manusia.

    Nymph terkadang disembah bersama dewa atau pahlawan di kuil atau tempat suci, meskipun pemujaan Nymph biasanya dilakukan di gua.


Elf

Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi Jerman, Elf biasanya berwujud manusia, sangat kecil, dan biasanya mempunya tugas sebagai dewa kesuburan. Elf digambarkan sebagai seorang pria muda atau wanita muda yang sangat cantik yang tinggal di hutan dan bawah tanah. Mereka mempunya keistimewaan, yaitu hidup abadi dan mempunyai kekuatan sihir. Ciri khas dari Elf dapat dilihat dari telinganya yang meruncing.

    Dalam cerita rakyat Eropa tepatnya di Skotlandia, terdapat makhluk yang bernama Drow atau elf hitam. Drow biasanya tidak ramah dan merupakan kebalikan dari elf yang biasanya ramah dan tinggal di hutan belantara, sedangkan Drow biasa tinggal di bawah tanah.


Dryad

Dryad adalah makhluk legendaris dari Yunani, peri penghuni tumbuh-tumbuhan, dan berwujud wanita. Dalam bahasa Yunani, istilah “drys” berarti pohon oak. Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad, yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Karakter Dryad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai seorang wanita yang berasal dari pepohonan.


Hamadriad


Hamadriad adalah makhluk supernatural yang tinggal di pepohonan dalam mitologi Yunani. Mereka adalah golongan khusus kaum Nymph. Hamadriad memilki hubungan yang sangat erat dengan pohon yang menjadi tempat tinggalnya. Jika pohon yang didiaminya mati maka ia pun ikut mati. Oleh karena itu, Driad dan para dewa menghukum siapa saja yang menyakiti pepohonan

    Merikut ini adalah delapan nama Hamadriad dalam mitologi Yunani, yaitu Karya, Balanos, Kraneia, Morea, Aigeiros, Ptelea, Ampelos, dan Sike.



Peri ( Fairy)

Peri adalah istilah yang sering digunakan pada cerita rakyat, dongeng, dan fiksi untuk menggambarkan makhluk yang memiliki kekuatan gaib yang kadang kala turut campur dala urusan manusia. Ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut peri, salah satunya adalah Fairy. Di Indonesia, istilah peri sering digunakan dalam penggambaran Elf atau Fairy (istilah dalam bahasa inggris) dalam cerita fiksi maupun dongeng-dongeng Eropa.

    Pada kisah fiksi modern, karakter peri sering “dipinjam” dari versi aslinya dan digunakan dalam kisah fiksi fantasi masa kini dengan berbagai variasi penggambaran, tergantung oleh penulis atau penciptanya.

    Di Inggris, nama peri berasal dari kata ‘elvish’ sebelum tahun 1000 M. Dalam cerita-cerita rakyat, makhluk gaib ini adalah ras yang sakti. Kata ‘Elvish’ berasal dari ‘Albiz’ yang walaupun asal-usulnya tidak diketahui, mereka turunan kata dari ‘Albho’ yang berarti “putih”. Kata-kata ini pun menjadi popukler di antara orang kulit putih hingga kini. Tidak heran keberadaannya masih dapat ditemui sebagai nama panggilan dari nama keluarga, seperti Aelfraed (Alfred) atau “penasehat-peri”,  Aelfwine (Alvin) atau “teman peri”, Aelfric (Eldridge) “pemerintah peri”, dan juga nama nama-nama wanita seperti Aelfflaed “kecantikkan peri’

    Peri digambarkan bersifat baik (membantu manusia) atau jahat. Dalam kisah dongeng dan cerita cinta, peri digambarkan sebagai makhluk penolong. Cerita yang paling terkenal dalam penggambaran peri adalah cerita Cinderella yang dibantu oleh ibu peri. Ada cerita ikan mas dari Jawa Barat yang tengah membantu anak baik hati yang sedang kesulitan.

    Penulis Swedia menggambarkan peri keluar dari pintu rumahnya yang kecil dan dengan kekuatan gaibnya mengecilkan tubuh anak yang ikut bermain bersamanya.

    Sementara peri jahat digambarkan sebagai penyebab tersesatnya seseorang dalam perjalanan. Peri juga seringkali digambarkan sebagai makhluk nakal (jail dan iseng), entah kenakalan yang membawa kebaikan atau keburukan. Di Eropa, anak kecil yang nakal dan sulit dikendalikan seringkali digambarkan sebagai “persis seperti peri kecil”. Pada cerita dongeng Peter Pan, peri kecilnya (Tinkerbell) digambarkan sebagai tokoh yang baik kepada Peter Pan dan jahat kepada Wendy karena cemburu.

    Di Irlandia, Leprechaun adalah jenis peri yang paling banyak dikenal dari jenis peri lainnya. Leprechaun telah ada dalam legenda Irlandia sejak abad pertengahan. Leprechaun adalah peri tinggi dan sering muncul sebagai orang tua, sehingga berbeda dari pandangan modern tentang peri (berwujud seperti anak kecil).

    Menurut legenda, Leprechaun suka mengumpulkan emas, disimpan daam pot, dan disembunyikan di ujung pelangi. Jika manusia berhasil menangkap Leprechaun, peri ini harus mengabulkan tiga keinginan manusia sebelum dilepaskan.

    Di Irlandia juga terdapat peri yang bernama Pooka. Para Pooka adalah jenis peri bungkuk yang menciptakan kekacauan di dunia. Pooka muncul pada malam hari di pedesaan dan daerah pesisir Irlandia. Pada hari baik, Pooka akan menyebakan kerusakan pada areal pertanian, menghancurkan pagar, dan menggangu binatang. Pada “hari buruk”, Pooka akan berdiri di luar rumah dan memanggil orang-orang yang berada di dalam rumah dengan nama mereka. Jika ada orang yang terpancing keluar, Pooka akan membawa mereka pergi. Pooka juga suka menggangu kapal dengan menariknya menjauhi Irlandia, sehingga sering disalahkan atas banyaknya bangkai kapal di sepanjang pantai berbatu.

    Selain itu, di Irlandia juga terdapat Changeling. Menurut legenda, peri perempuan sering melahirkan anak-anak cacat mereka akan pergi ke dunia dan menukarnya dengan bayi manusia yang sehat, serta meninggalkan Changeling. Saat Changeling tampak seperti manusia, ia tidak mempunyai karakteristik emosional yang sama dengan manusia. Changeling akan merasa senang ketika musibah dan kesedihan terjadi di rumah itu.

    Legenda Changeling telah berlangsung selama berabad-abad, William Shakespeare berbicara tentang Changeling dalam perannya di A Midsummer’s Night Dream.


Mitos Peri di Berbagai Belahan Negara

Queen Mab. Ibu dari semua peri yang ada dan berasal dari mitologi Eropa.

Undine. Peri air dalam mitologi Eropa(Jerman dan sekitarnya). Biasanya ditemukan di danau atau sungai yang masih jernih. Suaranya indah dan sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tidak dapat memiliki jiwa sebelum menikahi seorang manusia, sehingga Undine sering di jadikan tema untuk karya tragedi dan romantis.

Salamander. Makhluk legenda dalam mitologi Eropa yang merupakan peri api.

Gnome. Peri tanah dalam mitologi Eropa.

Sylph. Peri angin dalam mitologi Eropa.

Green Children. Peri dari mitologi Ingrgris. Mereka bertugas sebagai tukang kebun di hutan dan menolong tumbuhan untuk tumbuh sehat.

Deva. Peri mitologi persia. Nama Deva berarti the shinging ones. Deva hanya muncul pada mlaam hari dan senang bermain di hutan. Deva hanya terlihat seperti cahaya kecil di langit.

Aulanerk. Peri laut yang mitologi Inuit di Amerika Utara. Aulanerk adalah peri baik hati yang senang membantu para pelaut dengan memberikan air yang tenang dan angin yang kencang untuk berlayar.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)