Sabtu, 17 Oktober 2015

Perubahan Kecil Berdampak Besar

Semua kebenaran mudah dipahami setelah ditemukan,
Jadi yang penting adalah menemukan kebenaran itu.
- Galileo Galilei


Hari ini aku menyadari lebih jauh tentang small things matter, hal kecil seringkali berdampak besar dalam jangka panjang tetapi kali ini hal itu nampak sangat kecil dan mudah sekali luput dari mata.

Ya, sebuah perubahan sederhana ketika domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id, anehnya aku menyadari hal ini saat blogwalking dan berkunjung ke blog-blog sahabat. Aku bahkan berpikir, "Wah, keren ya sudah .co.id begitu."

Semua berawal awal bulan september lalu, ketika Alexa Rank yang terus mengecil tiba-tiba turun secara drastis tanpa alasan yang jelas, setidaknya tidak jelas saat itu. Aku berpikir, ah sudah biasa kalau turun sedikit. Anehnya, alexa itu kemudian terus turun sampai titik 7 juta dan tentunya itu mempengaruhi posisi tulisan-tulisan blog ini di halaman pencarian google.

Menurut stastistik yang kugunakan, pengunjung blog ini 70% adalah pembaca yang diarahkan dari google, sehingga posisi tulisan blog ini di google cukup penting. Aku memang bukan blog komersil tetapi aku berharap tulisanku dapat sampai ke banyak orang dan bermamfaat.

Lalu hari ini kusadari apa sebabnya, perubahan domain blogku. Ternyata blogku sejak 3 september berubah menjadi blogspot.co.id ini menyebabkan semua halaman yang diakses berubah menjadi blogspot.co.id hasilnya alexa rank tidak dapat dikejar kembali.

Mau tak mau harus beralih ke domain baru, semua kerja keras membangun link building juga sirna. Lebih buruk jika suatu hari domain blogspot.com tidak otomatis diarahkan ke blogspot.co.id maka aku harus menganti semua link yang sudah disebar dan juga memulai SEO dari awal.

Setelah mendapatkan kebenaran tentang alasan jatuhnya alexaku, memikirkan semua yang harus dilakukan dari awal, mengatur kembali semua link-link dan site ini, aku kemudian tertawa terbahak-bahak sebelum memutuskan menuliskan hal ini.

Ya, menertawakan kebodohan sendiri karena mencemaskan hal-hal seperti ini setidaknya sesaat, bukankah dalam kehidupan hal-hal seperti ini selalu terjadi? Mengerutu atau mengeluh tak akan membuatnya lebih baik, jika memang harus dilakukan seperti itu maka pilihan ada ditangan kita, apakah mau melakukannya atau tidak.

Aku menganggap ini sebagai hadiah ulang tahun blog ini, memulai kembali dengan blogspot.co.id kali ini bangga sebagai blog yang berasal dari Indonesia.

Alexaku kembali ke 15juta, tanpa link di dalamnya. Ah, ini bukan masalahku sendiri. Pasti banyak orang yang menggunakan blognya sebagai mata pencaharian mengalami hal yang sama, benar saja setelah aku melakukan selancar singkat. Jika mereka bertahan dan memulai kembali, kenapa tidak denganku?

Jika ada pembaca blog ini juga mengalami hal yang sama, tetap semangat ngeblog ya. Anggap saja sebuah pengalaman ngeblog yang mengajarkan kita sesuatu tentang kehidupan kita. Semoga kalian berbahagia! :)

7 komentar:

  1. Salut sama ente yang keep positive thinking. ^^b

    BalasHapus
  2. Mungkin karena sudah banyak mengalami yang lebih buruk ya, hehe.

    BalasHapus
  3. Baru sadar .com berubah jadi .co.id. Aneh rasanya, karena belum terbiasa kali ya :/

    BalasHapus
  4. Iya, aneh juga rasanya. Untungnya sih langsung di direct dari .com nya hehe

    BalasHapus
  5. loh gue baru tau malah! hahha.
    gue kira itu wajar aja berubah jadi .co.id
    bukannya dari awal bisa dipilih ya mau .com ato .co.id? wkkwkw *ngawur
    gue dari awal pake .com,
    tapi selalu berubah tergantung posisi..
    kalo di taiwan kan berubah jadi .tw
    di singapore, berubah lagi jadi .sg
    di hong kong, juga berubah lagi jadi .hk
    .___.

    BalasHapus
  6. Aku lihat sih tergantung target negara blog kita, aku coba ganti targetnya jadi singapura berubah jadi .sg begitu aku balikin target ke Google Indonesia jadi .id

    Yang rumit memang dari googlenya aja yang lain nggak ada perubahan signifikan sih

    BalasHapus
  7. Small things matter. Emang betul apalagi kalau diaplikasiin secara luas. Dalem.

    Semangat! :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)