Kamis, 30 Juni 2016

Juni Hari-Hari dengan Pengalaman Baru

Kita tidak membutuhkan sihir untuk mengubah dunia,
Kita memiliki kemampuan itu dalam setiap diri kita,
Kemampuan membayangkan semua lebih baik.
- J.K. Rowling

Bulan Juni sebentar lagi akan berganti, hawa panas yang sudah menemani selama beberapa bulan terakhir mulai berganti dengan angin sejuk diiringi hujan sesekali.

Bulan ini aku kembali dapat aktif menulis di blog, sekitar 40 tulisan di terbitkan di bulan Juni. Sebenarnya masih ada beberapa tulisan yang kubuat namun belum kupublikasikan, rencananya untuk bulan berikutnya.

Senin, 27 Juni 2016

All About : I, Me, and Myself Part 2

Imajinasi adalah hadiah yang berharga dan pencipta warna dunia


Pertama kali aku menulis tentang tulisan ini adalah pertengahan Desember 2014 dan terakhir kali aku menulis fakta tentang diriku adalah pertengahan Februari 2015, sungguh waktu yang sudah sangat lama.

Padahal sebelumnya aku telah menulis untuk 5 part, namun semua tidak terjadi bahkan terlupakan sampai hari ini aku melihat kembali tulisan-tulisan lama di blog ini.

Minggu, 26 Juni 2016

Curhat Pendek - Hobi Baru


Hari minggu ini aku tidak memiliki rencana tertentu sehingga aku berpikir mencoba hal yang sudah beberapa waktu ini kupikirkan.

Aku pergi ke taman kota, memilih tempat yang tidak ramai orang dan duduk diam sambil terlihat berpikir keras.

Setiap ada orang asing yang menyapaku, aku akan terlihat terkejut dan menatap mereka dalam-dalam sebelum mengatakan, "Kau bisa melihatku?"

Sabtu, 25 Juni 2016

Toko Obat




Anton: "Pak, beli kondom satu dong, entar malam mau makan malam nih, sama pacar..."
Pemilik Toko Obat (PTO): "Lho, apa hubungannya makan malam dengan kondom?".
Anton: "Bapak kan tahu sendiri, biasanya setelah itu kan ada kelanjutannya.. cihuuuyyy...".

Baru beberapa langkah hendak keluar toko, dia kembali lagi.

Rabu, 22 Juni 2016

Serendipity Seni Menciptakan Temuan yang Membahagiakan

Ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang kau inginkan,
Tidak berarti kau tidak menemukan sesuatu yang selama ini kau tunggu


Serendipity adalah sebuah kata unik yang langsung enak didengar dan menarik perhatianku sejak pertama kali mengetahui kata itu. Aku tidak tau artinya tetapi kata itu masuk ke dalam hatiku. Kala itu kata Serendipity belum dikenal secara luas walaupun ada sebuah film yang menggunakan kata itu sebagai judulnya.

Begitu juga di masa itu Komunitas dunia maya belum seramai sekarang sehingga mencari arti kata ini menjadi kesulitan tersendiri. Aku mencari diberbagai kamus, tetapi tidak berhasil menemukannya. Hampir satu bulan lamanya aku mencari tetapi hasilnya nihil.

Beberapa bulan berselang setelah itu, ketika aku membaca sebuah novel aku menemukan kata itu dan aku langsung tertawa dengan lepas. Serendipity artinya menemukan sesuatu yang menyenangkan tanpa mencarinya atau tidak menemukan sesuatu yang dicari tetapi menemukan hal yang lebih baik daripada yang kita cari!

Selasa, 21 Juni 2016

Memberi untuk Menjadi Manusia yang Lebih Bahagia

Aku belajar memberi bukan karena aku memiliki lebih,
tetapi karena aku tau rasanya tidak memiliki apapun.

Di era yang seringkali kita sebut era perubahan, komunikasi dan globalisasi ini justru sepertinya jauh dari arti kata-kata tersebut. Ya memang ada perubahan tetapi sulit dikatakan perubahan yang baik, Manusia jadi semakin individualis dalam dunia sosial. Banyak manusia yang berusaha mengambil keuntungan dari orang lain dan hanya peduli dirinya sendiri, yang menyedihkan adalah ini juga banyak terjadi di negeri kita tercinta ini.

Kini banyak orang yang berinteraksi hanya untuk mendapatkan sebuah keuntungan, seperti bagian yang kuceritakan pada tulisan Arti Seorang Sahabat tentang sahabatku yang mengeluhkan banyak orang yang mendekatinya hanya untuk mengambil keuntungan darinya seperti popularitas.

Padahal di masa kini justru sangat dibutuhkan orang-orang yang peduli pada sekitarnya, mau bersosial dengan tulus dan berkomunikasi dengan manusia lainnya terutama kita di Indonesia.

Senin, 20 Juni 2016

Menjadi Seorang Amatir



Suatu hari saat sedang menelusuri pameran bersama seorang teman, kami mengunjungi sebuah tempat yang memamerkan hasil foto alam. Temanku ini seorang fotografer professional yang telah banyak menghasilkan karya yang terbukti berkualitas. Dia tergelitik untuk melihat hasil karya anak-anak yang ada di galeri tersebut.

Kami berdua masuk dan melihat-lihat, bagiku foto-foto tersebut biasa saja. Rata-rata berwarna hitam putih, mereka menjual setiap foto itu dengan jarak harga 1,5 juta sampai 3,5 juta dan ada satu karya yang mencapai 15 juta, tetapi bagiku foto itu biasa saja. Namun karena saat itu fotograpy belum pernah kupelajari, aku memilih diam sampai temanku bertanya.

Sabtu, 18 Juni 2016

Jumat, 17 Juni 2016

Kegelapan dan Luka dalam Kehidupan

Sesuatu yang tidak membunuhmu, akan membuatmu menjadi lebih kuat


Dalam kehidupan setiap orang pastinya akan mengalami yang kita sebut dengan penderitaan dan masalah. Itu adalah bukti nyata bahwa kita hidup, karena setiap orang yang masih hidup akan memilikinya.

Mulai dari hal-hal yang ringan seperti kelaparan hingga hal-hal yang berat misalnya sakit keras atau masalah keuangan.

Dalam menyikapi hal ini, kita hanya akan dibagi menjadi dua tipe saja.


Kamis, 16 Juni 2016

To Be, Or Not To Be - Hamlet by William Shakespeare


To be, or not to be: that is the question:
Whether 'tis nobler in the mind to suffer
The slings and arrows of outrageous fortune,
Or to take arms against a sea of troubles,
And by opposing end them? To die: to sleep;
No more; and by a sleep to say we end
The heart-ache and the thousand natural shocks
That flesh is heir to, 'tis a consummation
Devoutly to be wish'd. To die, to sleep;
To sleep: perchance to dream:

... Hamlet, William Shakespeare

Rabu, 15 Juni 2016

Selasa, 14 Juni 2016

Life








As we grow up, we learn that even the one person that wasn't supposed to ever let us down, probably will. 

You'll have your heart broken and you'll break others' hearts. You'll fight with your best friend or maybe even fall in love with them, and you'll cry because time is flying by. 

So take too many pictures, laugh too much, forgive freely, and love like you've never been hurt. 

Life comes with no guarantees, no time outs, no second chances. You just have to live life to the fullest, tell someone what they mean to you and tell someone off, speak out, dance in the pouring rain, hold someone's hand, comfort a friend, fall asleep watching the sun come up, stay up late, be a flirt, and smile until your face hurts. 

Don't be afraid to take chances or fall in love and most of all, live in the moment because every second you spend angry or upset is a second of happiness you can never get back.

Senin, 13 Juni 2016

Minggu, 12 Juni 2016

Berapapun yang Kamu Miliki



Seorang anak berumur 10 tahun pergi ke toko es krim dan bertanya berapa harga semangkuk es krim. Pelayan menjawab, "20.000 Rupiah". Anak itu kemudian menghitung uangnya dan bertanya kembali, "Kalau semangkuk kecil berapa?" Dengan sedikit kesal pelayan itu menjawab, "15.000 Rupiah". Lalu si anak membeli mangkuk yang kecil. Dia makan, membayar es krim itu lalu pergi.

Saat membereskan piring es krim anak itu, si pelayan terkejut karena si anak meninggalkan Rp 5.000 sebagai tip.

"Selalu mencoba untuk membuat kebahagiaan untuk orang lain, berapapun yang kamu miliki."


Sabtu, 11 Juni 2016

Seven Advice Of Rumi


In generosity and helping others
be like the river.
In compassion and grace
be like the sun.
In concealing others' faults
be like the night.
In anger and fury
be like the dead.
In modesty and humility
be like the soil.
In tolerance
be like the ocean.

Either you appear as you are or
be as you appear.

A Reminder Of The Important Things In Life


Be happy
Show up
Follow your heart
Find a new perspective
Have a sense of wonder
Find people you love
Set goals
Help others
Dance
Pamper yourself
Face your fears
Go to a museum
Exercise
Limit television
Get in touch with nature
Lighten up
Get a good night's sleep
Read books
Buy yourself flowers
Dont compare yourself with others
Don't beat yourself up
Be open to new ideas
Don't focus on negative thoughts
Focus on creating what you desire
Make time just to have fun
Keep the romance in your life
Make a gratitude list
Love your mother Earth
Want what you have
Be true to yourself

Curhat Pendek - Novel Fantasy



Saat salah satu rekan kerjaku melihatku membaca novel fantasi, dia berkomentar, "Pak sudah seusia ini masih membaca dongeng?"

"Ini bukan dongeng, ini novel fiksi fantasi."

"Ya ada gambar naga-naganya gitu, apa ada pelajaran dari itu? Naga itu nyata?" dia tertawa ringan.

"Buku ini bukan mengajarkan bahwa naga itu ada tetapi kalaupun naga itu ada, naga bisa dikalahkan."

Jumat, 10 Juni 2016

Harga Sebuah Kebahagiaan

Jika kau ingin berbahagia, Berbahagialah

Saat aku menulis Bahagia dengan Metode AFL desember tahun 2014, aku menuliskan bahwa kebanyakan manusia seringkali suka menyiksa diri mereka sendiri dan tidak memberikan diri mereka kesempatan untuk berbahagia, salah satunya adalah sahabatku ini.

Dia merasa sangat sulit untuk berbahagia, dia mengatakan sudah mengizinkan dirinya untuk bahagia dan ingin berbahagia, tetapi tetap belum bisa bahagia. "Tidak ada yang membuatku bahagia" begitu keluhnya.

Jadi apa sih Harga dari sebuah kebahagiaan itu?

Kamis, 09 Juni 2016

Yang Kita Tau tapi Kita Tidak Tau

Seperti angin yang membawa dedaunan yang gugur


Beberapa hari terakhir angin berhembus sangat kencang, tidak jarang hujan turun dengan derasnya disertai petir menyambar-nyambar. Saat hujan tiba, angin seolah menari dengan hujan, tarian yang membuat kita harus berlindung di dalam rumah.

Setiap aku berjalan keluar setelah badai, bisa kulihat jalanan ditutupi banyak dedaunan yang gugur akibat badai. Aku teringat sebuah kisah ketika melihatnya.

Rabu, 08 Juni 2016

Torpe

Jika kebahagiaan adalah mengagumi tanpa keinginan untuk memiliki,
Apakah kau sanggup?


Begitu banyak kisah cinta, setiap orang juga mengalami berbagai pengalaman cinta. Jika harus memilih mana kisah cinta terindah seringkali sulit, namun bagaimana dengan kisah cinta yang menyakitkan?

Seringkali kisah cinta yang menyakitkan dikaitkan dengan kisah Romeo dan Juliet, kisah yang cukup modern adalah Titanic. Apakah kalian setuju?

Selasa, 07 Juni 2016

Sebuah Hukum Alam



Tidak ada yang hidup untuk dirinya sendiri di alam..

Sungai tidak meminum dirinya sendiri..

Pohon tidak memakan buah mereka sendiri..

Matahari tidak memberi kehangatan untuk dirinya sendiri..

Bunga tidak menyebar keharuman untuk dirinya sendiri..

Alam mengajarkan kita, bahwa sudah hukum alam untuk hidup bagi orang lain juga.

Curhat Pendek - Anak Pintar



Salah seorang karyawati membawa anaknya ke kantor karena sebuah kondisi, dia kemudian mengenalkan anaknya kepadaku.

"Pak, ini anak saya. Anaknya pintar banget loh. Ayo kenalan sama om." wajah karyawati itu terlihat sangat bangga.

"Halo, namanya siapa?" tanyaku sambil tersenyum.

"Erik om.." jawab anak itu pelan.

"Umurnya berapa?"
 
Dia terlihat menghitung jarinya sebelum menjawab, "6 tahun om."
 
"Wah, sudah bisa berhitung ya. Pintar sekali, kalau usia mama kamu berapa?"
 
Erik terlihat bingung sejenak, lalu mulai menghitung jarinya lagi, "6 tahun juga om."
 
"Lho kok bisa?" gantian aku yang bingung.
 
"Ya sebelum saya lahir kan belum jadi mama." katanya.
 
"Well.. ya.. anak pintar.."

Senin, 06 Juni 2016

Sebelum Dewasa, Kamu Harus Jatuh Cinta 3 Kali


Sebelum kamu dewasa, kamu harus jatuh cinta 3 kali. Yang pertama kamu harus jatuh cinta pada sahabat baikmu, merusak persahabatanmu selamanya. Ini akan mengajarkanmu siapa temanmu sebenarnya dan akan menjelaskan batas antara persahabatan dan lebih dari itu.

Yang kedua kau harus jatuh cinta pada seseorang yang kau percayai dia sempurna. Ini akan mengajarkanmu tidak ada yang sempurna dan kamu tidak pantas diperlakukan kurang dari yang seharusnya kamu dapatkan.

Dan terakhir kamu harus jatuh cinta dengan seseorang yang persis sama denganmu. Ini akan mengajarkan siapa dirimu dan seperti apa kau ingin menjadi.

Setelah semua itu kau lalui, kau akan belajar bahwa orang paling memperhatikanmu adalah orang yang paling banyak kau sakiti dan orang yang paling banyak menyakitimu adalah orang yang kau butuhkan.

Tapi yang paling penting kau akan memahami bahwa cinta adalah sebuah konsep dan tidak dapat didefinisikan, berbeda bagi setiap orang yang merasakannya dan kau akan belajar menghargai setiap orang yang ada karena mengerti setiap orang ingin dicintai.

Tips dan Trik Belajar ala Ron



Sejak dulu, aku sangat senang mempelajari hal yang baru. Aku suka menambah wawasan dengan pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya tidak kumiliki. Semua berawal ketika aku merasa tidak nyaman ketika seseorang membicarakan sebuah topik denganku, namun aku tidak bisa nyambung karena kurang menguasai topik tersebut.

Mempelajari sesuatu yang kita suka biasanya menyenangkan dan mudah karena kita akan menemukan cara untuk membuatnya demikian, namun sangat berbeda ketika kamu harus mempelajari sesuatu yang kamu tidak suka atau menurutmu tidak menarik.

Kenapa Seseorang Menyerah?

Jangan pernah menyerah, kalimat ini sering kita dengar. Menyerah seringkali menjadi sebuah kelemahan dan kesalahan, kenyataannya begitu banyak orang yang menyerah dan sebagian lainnya salah mengartikan tentang menyerah. Terkadang bukan menyerah tetapi kita tahu sesuatu sudah cukup untuk diperjuangkan.

Minggu, 05 Juni 2016

Life of Adulthood

Pada masa dewasa, hal-hal yang dulunya biasa bisa jadi sangat berharga,
misalnya tidur.


Pada waktu kecil, siapa yang ingin segera dewasa? Siapa yang ingin segera menyelesaikan pendidikannya dan mulai bekerja agar bisa memiliki uang sendiri agar bisa membeli apa yang kita inginkan?

Ingatkah kalian masa-masa itu? Lalu kini ketika usia sudah tidak lagi muda, kita justru berpikir betapa indahnya masa-masa dulu, dimana luka yang kita rasakan hanya karena terjatuh saat bermain.

Sabtu, 04 Juni 2016

Filosofi Hidup Orang Irlandia



Salah satu teman baruku bertanya padaku hari ini, "Ron, kita kenal memang belum lama, tetapi aku belum pernah melihat kau memiliki sebuah kecemasan di wajahmu. Apa ada rahasianya?"

Mendengar itu, aku tertawa kecil. Aku teringat memori masa lalu yang sudah cukup lama tidak kukenang, "Aku tentu memiliki kecemasan, percaya atau tidak, aku pernah menanyakan hal yang sama persis pada seseorang, dan ternyata memang ada rahasianya." kataku perlahan.

Aku meminum seteguk teh hangat yang sudah mulai dingin sebelum melanjutkan, "Sahabatku itu mengatakan, di salah satu buku yang dia baca ada sebuah filosofi kehidupan. Sebuah filosofi kuno yang berasal dari Irlandia."

"Bunyinya kira-kira begini, Dalam kehidupan hanya ada dua hal yang harus kita khawatirkan, apakah kamu sehat atau sakit. Jika kamu sehat maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, jika kamu sakit maka ada dua hal yang harus kamu khawatirkan, apakah kamu akan hidup atau mati. Jika kamu hidup maka tidak ada yang perlu dipikirkan, jika kamu mati maka ada dua hal yang harus kamu khawatirkan, apakah kamu akan ke surga atau neraka. Jika ke surga maka kamu tidak perlu khawatir, tapi jika kamu ke neraka maka kamu akan sangat sibuk berjabat tangan dengan teman dan kenalanmu sampai tidak punya waktu untuk khawatir."

Saxophone dan Penemunya



Sejauh ingatanku, hanya ada sebuah alat musik yang membuatku bingung saat pertama kali melihatnya, ya sebuah Saxophone. Pertama kali aku melihatnya adalah saat aku duduk di bangku kelas 10. Ketika pelajaran seni musik, kami memasuki ruang musik. Di sanalah aku melihat Saxophone pertamaku, yaitu Tenorsax.

Aku melihat saxophone sebagai alat musik yang aneh, membingungan serta bentuknya tidak biasa. Dia seperti terompet namun bukan.

Jumat, 03 Juni 2016

Curhat Pendek - Soal Keadilan



Seorang tenaga penjual di kantor mendatangiku setelah merasa ketidak adilan pada hal yang berhubungan dengan pekerjaannya.

Sales : "Padahal pak, aku tidak pernah memperlakukan orang seperti itu, ini tidak adil."

Ron : "Jika konsepmu terhadap keadilan seperti itu maka kau akan banyak mengalami kekesalan dan amarah di masa depan, itu seperti berharap seekor singa tidak akan memakanmu karena kau tidak memakan mereka."

Curhat Pendek - Bahasa Thailand






Beberapa admin di kantor sedang asik berdiskusi soal Thailand karena mereka hype drama Thailand seperti Hormones, Kiss, dll.

Saat aku lewat, seorang admin memanggilku.

Admin : "Pak Ron, bapak suka Thailand?"
Ron   : "Maksudnya?"
Admin : "Budayanya gitu."
Ron   : "Suka."
Admin : "Bisa bahasa thai?"
Ron   : "Sedikit."

Matanya seolah-olah menyala dan segera mengatakan, "Coba pak, coba! Beberapa kata aja." Berpikir sejenak aku lalu membuka suara, "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Nopharat Ratchathani Burirom Udomratchan.."

Belum selesai aku mengingat si admin sudah tepuk tangan dengan senang, aku lalu izin pamit untuk makan siang. Salah satu rekan kerjaku yang mengikutiku daritadi seperti heran lalu bertanya, "Itu artinya apa pak?"

Aku berpikir sejenak, "Sepertinya itu nama asli kota Bangkok, entahlah aku tidak begitu ingat..."