Sabtu, 23 Juli 2016

Satu Lagu Seribu Kenangan



Beberapa waktu ini aku senang menghabiskan waktu duduk sejenak di Alfamidi dekat kostku, biasanya sambil meminum yogurt atau makan kebab.

Yang membuatku nyaman duduk di sana adalah suasananya, aku bisa menyendiri di tengah keramaian kota sambil diiringi musik. Lagu yang diputar biasanya lagu-lagu yang sudah lama, era 90-an dan 2000 awal. Mungkin disebabkan usia para staff Alfamidi tersebut.


Sangat menarik ketika tiba-tiba lagu yang kutahu di putar, alunan nada yang sudah lama tak terdengar kini mengisi kembali telinga dan pikiran, senandung kecilpun secara alami keluar dari mulutku.

Cara ingatan manusia bekerja memang unik, ketika ada rangsangan tertentu bisa membuatnya melemparkan kenangan-kenangan yang telah lama terpendam bahkan hampir terlupakan.

Aku menikmati perasaan nostalgia, terasa hangat dan menyenangkan walaupun tidak semua kenangan yang kuingat itu menyenangkan. Yang menarik, kenangan yang menyakitkan kini tidak terasa demikian lagi, karena aku mengerti itu bagian dari proses pembentukan diriku yang sekarang.

Lagu Peterpan dan Ungu seringkali mengingatkanku pada masa-masa sekolah dulu, saat kami membuat band dan melakukan pentas. Aku sendiri tidak bergabung lama karena lebih fokus mengurus organisasi tetapi setiap moment yang sebenarnya tidak lama itu menjadi pengalaman dan kenangan yang berharga untukku.

Ketika beberapa lagu cinta diputar, aku tertawa kecil mengingat betapa lugunya aku tentang cinta sampai akhirnya menolak keberadaan cinta, namun pada akhirnya belajar arti cinta yang sejati bagiku hingga saat ini.

"It's been a long time.. Sudah begitu lama ya.." pikirku sambil tersenyum ketika menyadari bahwa sudah lebih dari 10 tahun berlalu, begitu banyak yang berubah, begitu banyak kenangan selama perjalanan panjang itu.

Apa kenanganmu juga terasa berharga?

1 komentar:

  1. Selalu menyenangkan mengenang masa lalu, meskipun tidak semuanya indah :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)